Kamis, 23 Mei 2013

Suka Berbohong Sebabkan Radang Tenggorokan

 
Jika Anda sering terkena radang tenggorokan dan sakit kepala mungkin Anda sering berkata  bohong. Berkata jujur alias tidak berbohong ternyata menyehatkan. Tidak hanya sehat mental tetapi juga sehat fisik. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Anita Kelly, Profesor Psikologi dari Universitas Notre Dame di Indiana, Amerika. Ia mempresentasi-kan temuannya pada pertemuan tahunan Asosiasi Psikologikal Amerika.

 Para psikolog itu menanyai 110 responden berusia 18 hingga 71 tahun untuk menjalani tes deteksi kebohongan dan tes kesehatan secara menyeluruh selama 10 minggu. Mereka membagi responden ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta tidak mengatakan bohong baik besar maupun kecil selama 10 minggu masa penelitian, sementara kelompok kedua tidak diberikan instruksi apapun mengenai kebohongan.

Kelompok responden pertama yang diminta mengurangi tiga kebohongan dalam satu minggu mengaku jarang merasakan cemas atau terpuruk. Mereka juga mengaku keluhan mengenai radang tenggorokan dan sakit kepala juga berkurang.

Para responden yang bergabung dalam kelompok ‘tanpa kata bohong’, mengatakan bahwa kini mereka mencoba untuk berkata jujur dibandingkan membesar-besarkan pencapaian mereka, berhenti untuk mencari alasan atas keterlambatan mereka, atau alasan kenapa mereka gagal dalam menjalankan tugas. Sebagai gantinya, para responden menghindari berkata bohong dengan menjawab pertanyaan yang menyulitkan dengan pertanyaan lain untuk mengalihkan perhatian. “kami menemukan bahwa responden dapat dengan sengaja dan secara dramatis mengurangi kebohongan mereka sehari-hari, dan inilah yang akan dikaitkan dengan kesehatan mereka yang meningkat secara signifikan.” Kata kepala penelitian itu, Profesor Anita Kelly. Penelitian ini membuktikan, orang yang mengurangi berbohong, meskipun berbohong untuk kebaikan meningkat kondisi kesehatannya hanya dalam 10 minggu.

Menurut Robert Feldman, psikolog dari Universitas Massachusetts, Amherst, Amerika. Perilaku jujur dan tulus membuat orang jadi lebih sehat secara psikologis. Hasil penelitian di atas telah membuktikan kejujuran bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.


0 komentar:

Posting Komentar

categories

ARTIKEL (5) CERPEN (2) FILM (3) I'LAM (2) MUSIC (1) NEWS (2) OTAWA (4) Profile (2) SAJIAN UTAMA (2) SASTRA (3) TAUSIYAH (1) TOKOH (2) VIDEO (1)